Kuningan Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Avatar Admin-diskominfo

Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kab./kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penghargaan ini diberikan setiap tahun oleh Kementerian Perhubungan RI. Piala Wahana Tata Nugraha diserahterimakan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Pudji Hartanto Iskandar kepada Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, pada Selasa, 31 Januari 2017 di Hotel Merlynn Park Jakarta.

Penilaian penghargaan ini dilakukan untuk kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya.

Wakil Bupati Kuningan mengatakan Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah kegiatan pemberian penghargaan atas kemampuan daerah dan peran serta masyarakatnya dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, Deni Hamdani, S.Sos., M.Si mengatakan Pemerintah Kabupaten Kuningan meraih penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2016 kategori lalu lintas untuk kota sedang. Sebelumnya tahun 2015, Kab Kuningan sempat mendapatkan plakat WTN. Keikutsertaan Kab. Kuningan pada penilaian WTN memang baru dimulai pada tahun 2015, hal ini disebabkan Dinas Perhubungan baru memiliki alat penguji kendaraan yang lengkap pada tahun tersebut.

Deni bersyukur tahun lalu pada saat keikutsertaan pertama, Kuningan mendapat penghargaan plakat WTN, dan tahun 2016 dapat lebih meningkatkan prestasi dan mendapat penghargaan tertinggi yaitu piala WTN.

Ditambahkan Deni, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak, dirinya meneruskan program kerja yang telah baik pada masa Kadishub, Jaka Chaerul untuk dipertahankan dan ditingkatkan hasilnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Kapolres Kuningan, AKBP M. Syahduddi, SIK., M.Si, Kadishub, Deni Hamdani, S.Sos., M.Si, Kabag Humas, Wahyu Hidayah, M.Si, Kabag Umum, Guruh Zulkarnaen, S.STP., M.Si, Sekretaris Dishub, Drs. Bambang Adela Padang, M.Si, Kabid Angkutan, Aan Henaro, ATD, Kabid Prasarana dan Perparkiran, Maman Nurachman, SH., M.Si, Kasi Dalops, Dede Suparman, SE, Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, Sukirman, SE, serta Kasubag Protokol, Anwar Nasihin, S.Kom., M.Si.

Penghargaan itu diberikan dalam rangka pembinaan pemerintah kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, terhadap penyelenggaraan kinerja sistem transportasi perkotaan, sehingga tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna jalan. ( Sumber : Why, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).